Senin, November 16, 2015

Cara Mengobati Batuk yang Disertai Flu Secara Alami

Cara alami mengobati batuk yang disertai flu - Pernahkah Anda mengalami batu yang disertai flu? Pasti itu sangat mengganggu bukan? Untuk itu, dalam artikel ini kami akan berbagi tips meringankan batuk yang disertai flu secara tradisional menggunakan bahan-bahan alami yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar Anda.

Cara Mengobati Batuk yang Disertai Flu Secara Alami

Artikel yang sayang untuk Anda lewatkan :


Untuk Anda yang pernah mengalami batuk, pernahkah Anda mengalami batuk yang disertai flu? Atau bisa jadi Anda mengalami batuk yang menjadi pertanda Anda akan mengalami flu?

Flu bisa terjadi dikarenakan oleh banyak hal, gejala yang paling bisa diamati adalah batuk dan pilek. Kira-kira bila Anda mengalami gejala flu yang disertai batuk ini, apa yang akan Anda lakukan? Akankah Anda berobat langsung ke dokter ? Atau mungkin Anda sudah punya opsi lain?

Nah daripada bingung, kami disini senagaj membagkan informasi mengenai cara mengobati batuk yang disertai dengan flu. Informasi ini kami bagikan khusus untuk Anda yang belum tahu bagaimana cara mengatasi batuk dan flu. Untuk lebih lengkapnya, mari simak informasi dibawah ini.

❧ Gejala batuk yang disertai flu

Batuk yang disertai flu memiliki beberapa gejala yang tentunya perlu kita ketahui, sehingga bila kita mengalami indikasi batuk yang disertai dengan flu, kita bisa segera mengatasinya agar tidak bertambah parah. Dan berikut ini adalah beberapa gejala yang biasa dirasakan ketika seseorang batuk dan disertai dengan flu.

1. Bersin
Salah satu indikasi yang paling awal dialami oleh orang yang akan mengalami flu adalah bersin-bersin. Biasanya kita akan bersin dalam frekuensi yang lebih cepat, sehingga terkadang dalam hidung akan keluar lendir.

2. Batuk terus menerus
Nah bila Anda sudah mencapai tingkatan yang mendekati flu, biasanya Anda akan mengalami batuk-batuk. Anda akan mengalami batuk kering dalam frekuensi yang sering. Misal sekali waktu Anda bisa batuk sebanyak 3 hingga 5 kali. Tenggorokan terasa gatal dan kering.

3. Keluar dahak
Dan bila kondisi And semakin parah, biasanya batuk yang disertai dahak pun mulai keluar. Dahak ini lah yang mengandung banyak bakteri akibat infeksi bakteri didalam organ pernapasan dalam.

4. Kepala pusing
Terkadang orang yang akan menderita sakit flu merasakan kepala cukup berat, kepala pusing dan membuat kita tidak mampu beraktivitas dengan baik.

5. Tenggorakan gatal
Bila akan mengalami flu dan diserang batuk, faktor utama yang menyebabkan seseorang batuk adalah kondisi tenggorokan yang kurang normal. Tenggorokan terasa kering, seperti ada yang mengganjal sehingga terasa gatal dan kita bisa mengatasi hal ini dengan batuk.

6. Badan lemas
Yang terakhir adalah badan terasa lemas akibat kita tidak mampu menyerang infeksi bakteri sehingga kekebalan tubuh kita menurun, kita mengalami batuk-batuk dan pada akhirnya kita mengalami sakit flu.

❧ Penyebab Batuk disertai Flu

Ada beberapa penyebab umum mengapa seseorang bisa mengalami batuk yang disertai flu. Tapi memang wajar bila seseorang mengalami batuk kemudian ia mengalami flu. Batuk dan flu adalah rangkaian proses seseorang terkena infeksi bakteri atau virus influenza. Oleh karena itu Anda juga harus tahu mengenai beberapa penyebab seseorang terkena batuk dan flu agar lebih paham dan mampu mencegahnya.

1. Kondisi cuaca
Cuaca sangat mempengaruhi kondisi seseorang, bisa jadi Anda sehat-sehat saja, namun bila terjadi perbahan cuaca yang cukup eskrim, biasanya tubuh tidak mampu beradaptasi dengan baik sehingga kita lebih sering terkena batuk dan disertai dengan flu.

2. Kekebalan tubuh menurun
Akibat dari perubahan cuaca, biasanya suhu tubuh tidak menentu. Kekebalan tubuh pun menurun, karena mungkin saja tubuh kita belum siap menerima kondisi cuaca dan juga serangan virus atau bakteri dari luar. Misal hujan, kondisi tubuh kita akan kedinginan, namun ketika cuaca berganti menjadi kemarau, badan akan terasa panas, hal seperti inilah yang menyebabkan seseorang mengalami batuk-batuk dan disertai dengan flu.

3. Terkena virus influenza
Faktor paling umum seseorang mengalami flu adalah karena tertular oleh virus influenza. Ketika ada orang bersin, batuk-batuk dan kemudian kita berada didekatnya, maka virus dari orang yang menderita influenza tersebut bisa menginfeksi tubuh kita. Jika tubuh kita tidak kebal, yang akan terjadi adalah tubuh akan terasa lemas dan mulai terkena influenza.

4. Terlalu banyak minum air dingin
Untuk Anda yang suka minum dingin, baik es atau minuman yang bersuhu dingin, maka Anda akan lebih rentan terkena batuk yang disertai dengan flu. Bila kondisi tubuh Anda dalam keadaan panas, kemudian Anda malah minum air es, dan yang akan terjadi adalah tubuh mengalami perubahan suhu yang begitu cepat. Hal inilah yang sering mengakibatkan suhu tubuh labil dan menyebabkan seseorang mengalami flu. Misalnya saja ketika Anda dari bekerja, kondisi masih panas, dan Anda langsung menyerbu air es atau es teh. Kondisi ini yang menyebabkan Anda mengalami flu.

5. Kurang makan
Orang yang makannya tidak teratur bisa menyebabkan flu, karena tidak ada vitamin ataupun perindungan tubuh terhadap serangan infeksi dari luar. Sehingga bagi Anda yang jarag makan akan lebih sering mengalami batuk yang disertai dengan flu.

❧ Tips mencegah batuk yang disertai flu

Setelah Anda mengetahui informasi mengenai gejala dna penyebab batuk yang disertai dengan flu, sekarang adalah saatnya Anda mengetahui pencegahan yang bisa Anda lakukan sehingga tidak sampai terkena batuk yang disertai dengan flu.Bagaimana caranya ? Simak informasi dibawah ini.

1. Gunakan masker
Ketika Anda berada diluar ruangan, hal yang paling mudah untuk bisa mencegah penyakit flu adalah dengan menggunakan masker. Masker bukanlah obat untuk batuk atau flu, melainkan pencegahan sebelum Anda mengalami flu dan batuk.

2. Perbanyak minum air putih
Penting untuk Anda mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak, apalagi disaat cuaca sedang panas. Karena tubuh akan memerlukan air putih dalam jumlah banyak, Anda pun harus bisa memenuhinya. Selain itu air putih bertindak sebagai peluruh racun dalam tubuh.

3. Konsumsi madu
Nah untuk Anda yang ingin sehat dengan cara alami, Anda bisa gunakan madu. Konsumsi madu 1 sendok makan tiap hari bisa mencegah Anda dari batuk-batuk yang disertai dengan flu.

4. Makan yang bergizi
Jangan lupa untuk selalu makan makanan yang bergizi tinggi, imbangi dengan sayur dan buah serta lauk yang mengandung banyak vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. karena tubuh yang sehat tidak rentan terkena penyakit seperti batuk dan flu.

5. Jaga jarak dengan orang yang sakit flu
Dan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga jarak ketika Anda ingin berkomunikasi dengan mereka yang sedang menderita batuk atau flu. Hal ini bisa mencegah Anda dari penyakit tersebut. Namun jangan sampai teman atau lawan bicara Anda merasa tersinggung.

❧ Tips mengobati secara tradisional dan medis

Jadi Anda sudah tahu kan cara mencegah batuk yang disertai dengan flu ? Lalu adakah obat yang bisa kita minum atau konsumsi agar keadaan lebih baik ?
Tentu saja ada, ada obat tradisional dan obat medis yang akan kita jelaskan pada kesempatan kali ini sehingga Anda tahu harus bagaiman ketika diserang oleh batuk dan flu.

❧ Obat tradisional untuk Mengobati Batuk disertai Flu

Untuk Anda yang memang lebih suka dengan bahan-bahan alami untuk mengobati suatu penyakit, maka berikut ini adalah tips mudah dari kami.

1. Jahe
Bila Anda memang suka tanaman herbal, Anda bisa mengonsumsi wedang jahe. Hangat dan terasa agak pedas dilidah, namun efek dari wedang jahe alami ini mampu melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus yang bisa menyebabkan kita batuk bahkan flu.

2. Madu
Seperti pada penjelasan diatas, bahwa madu adalah suplemen yang bisa mencegah bahkan bisa mengobati orang yang batuk dan disertai dengan flu. Cukup minum madu sebanyak 2 sendok makan di pagi dan sore hari untuk mengurangi sakit flu Anda.

3. Jeruk nipis
Dan yang terakhir adalah minum air hangat jeruk nipis. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis ini mampu membuat kita menjadi lebi sehat dan tingkat kekebalan tubuh meningkat. Selain itu jeruk nipis bisa mengurangi gatal tenggorokan dan mengatasi flu.

❧ Obat yang disarankan untuk mengatasi batuk disertai flu

Dan bila Anda lebih percaya pada pengobatan medis, ada obat yang biasanya dikonsumsi oleh mereka yang mengalami batuk dan flu, berikut informasinya.

Antibiotik
Obat antibiotik pasti diberikan dokter kepada pasien yang memang mengalami batuk dan flu. Antibiotik ini berperan sebagai antibakteri yang bisa membunuh bakteri dalam tubuh sehingga kekuatan tubuh kita lebih tinggi dan kita pun bisa segera sembuh.

Demikianlah informasi mengenai batuk yang disertai flu, semoga Anda bisa mengambil manfaat dari informasi kali ini. Pesan kami adalah jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan memperbanyak minum air putih serta kurangi konsumsi jajanan diluar.


loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.