Kamis, November 19, 2015

Inilah 15 Tips Agar Anda Terhindar dari Penyakit Saat Pergantian Musim Berlangsung...

Tags

15 tips agar kamu tetap sehat saat pergantian musim tiba - Tahukah Anda, Indonesia memiliki dua musim yaitu, musim hujan dan musim kemarau. Seperti yang telah kita ketahui, biasanya saat perubahan musim itu tiba tubuh kita akan menjadi cepat lelah, dan rentan terhadap penyakit. Mengapa demikian? Yuk kita cari tahu jawabannya...

Ini dia 15 hal yang harus Anda lakukan saat pergantian musim berlangsung agar tubuh tetap sehat



Mengapa saat pergantian musim tubuh kita menjadi lebih mudah sakit? 
Karena saat pergantian musim itu tiba, secara otomatis akan terjadi perubahan suhu udara yang ekstrim dari suhu udara dingin menjadi panas begitupun sebaliknya. Perubahan suhu udara tersebut berpengaruh pada tubuh kita. Tubuh kita harus menyesuaikan diri dengan udara di lingkungan sekitar. Biasanya pada kondisi ini, (sistem imunitas) daya tahan tubuh menurun, akibatnya tubuh menjadi lebih mudah terkena penyakit.

Selain itu, cuaca dan temperatur yang tidak stabil dapat memicu virus dan bakteri menjadi cepat berkembang biak. Akibatnya tubuh jadi lebih mudah terkena penyakit. Lalu bagaimana cara menyikapi pergantian musim agar tubuh kita terhindar dari penyakit?

Dalam artikel ini blog inkesehatan akan berbagi tips bermanfaat agar tubuh kita terhindar dari penyakit selama pergantian musim berlangsung. Namun sebelum itu, kami akan menyampaikan informasi mengenai beberapa hal yang harus Anda kurangi atau bahkan hindari saat pergantian musim tiba.

Hal yang harus Anda hindari saat pergantian musim berlangsung

Selain menyediakan informasi mengenai hal yang harus dilakukan, ada beberapa poin yang perlu Anda ketahui tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama masa pergantian musim. Karena bila dilakukan hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

1. Banyak minum es
Biasanya anak-anak akan lebih sering mengonsumsi es, baik itu dimusim panas dan dimusin hujan. Terlalu banyak minum es bisa membuat suhu tubuh kita jadi kurang stabil sehingga tubuh akan mengalami perubahan suhu yang sangat cepat. Hal ini pula yang menyebabkan Anda bisa terkena penyakit terutama di musim pergantian.

2. Jajan sembarangan
Ingatkan buah hati Anda untuk tidak jajan sembarangan. Orang yang jajan sembarangan akan lebih rentan terkena penyakit apalagi dimusim pergantian dari hujan ke kemarau atau bahkan sebaliknya.

3. Tidur tidak teratur
Untuk anak muda saat ini memang lebih populer dengan kebiasaan insomnia. Mereka justru bangga bila tidak tidur selama berhari-hari, padahal jika terus dilakukan kebiasaan buruk ini bisa membuat Anda menjadi tidak sehat. Badan butuh istirahat dan Anda juga harus membatasi kegiatan. Bila dipaksakan maka Anda bisa saja mengalami berbagai penyakit yang justru membuat Anda lemah tidak berdaya.

4. Sering terkena hujan
Disaat musim hujan, gunakanlah payung, jaket, atau hindari kegiatan yang bisa menyebabkan Anda basah terkena air hujan. Karena terlalu sering basah bisa membuat Anda menjadi kedingingan dan menyebabkan Anda terkena flu atau meriang.

5. Tidak menggunakan jaket
Dan yang terakhir adalah bila Anda memasuki musim kemarau, gunakanlah jaket pelindung atau topi yang bisa mencegah panas matahari. Karena panas diluar ruangan bisa saja membuat badan Anda drop sehingga menyebabkan Anda sakit.

Itulah beberapa hal yang harus Anda hindari saat pergantian musim berlangsung agar tubuh Anda terhindari dari penyakit. Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang diatas, sekarang kami akan memberikan tips bermanfaat mengenai apa saja yang harus Anda lakukan saat pergantian musim berlangsung agar Anda terhindar dari penyakit.

Tips penting agar Anda tetap sehat saat pergantian musim tiba

Dalam masa pergantian musim, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Hal ini diberkaitan dengan kesehatan dan juga bisa mencegah diri Anda dari penyakit di musim pancaroba. Berikut adalah poin penting dari apa saja yang harus dilakukan saat musim berganti.

1. Makan makanan bergizi
Hal yang paling penting dari menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang sehat akan membuat Anda jauh lebih sehat. Makan sayur, buah dan lauk pilihan bisa membuat tubuh Anda memiliki daya tahan tubuh yang semakin kuat. Nutrisi dari sumber makanan tersebut bisa membuat kita menjadi lebih sehat dan tidak rentan terkena penyakit.

2. Perbanyak minum air putih
Memperbanyak diri minum air putih adalah hal penting, karena disini Anda bisa mendapatkan pasokan mineral dan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila saja tubuh kekurangan cairan maka yang akan terjadi adalah tubuh akan mengalami dehidrasi, tidak sehat dan lemas. Memperbanyak minum air putih sangat baik untuk tubuh kita dan bisa mnecegah masuknya infeksi bakteri dari luar.

3. Kurangi kegiatan diluar
Bila memang Anda sedang kurang sehat atau daya tahan tubuh lemah, jangan sampai Anda melakukan kegiatan di luar rumah dalam frekuensi banyak. Misal sedang hujan atau sedang panas, kurangilah kegiatan Anda diluar. Bila memang kurang penting, Anda bisa melakukannya dirumah. Karena hal ini juga merpakan salah satu pencegahan agar Anda tidak terkena penyakit di pergantian musim.

4. Gunakan masker
Jangan lupa untuk menggunakan masker disaat Anda berada diluar rumah, masker bisa melindungi kita dari kotoran, debu dan polusi udara yang menyebabkan kita terkena penyakit sejenis flu.

5. Olahraga
Dan yang terakhir adalah Anda harus melakukan olahraga sebagai penyeimbang semua kegiatan yang telah Anda lakukan. Olahraga bisa mencegah penyakit, bisa membuat tubuh lebih sehat dan pastinya Anda tidak mudah terkena penyakit. Bicara soal olahraga, Anda bisa baca artikl menarik tentang → 9 Jenis Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat dan Aman

6. Jaga kondisi tubuh
Untuk Anda yang akan mengalami masa pergantian musim, Anda harus bisa menjaga kondisi tubuh Anda. Jangan sampai Anda sakit-sakitan karena tentu hal ini bisa mengganggu aktivitas Anda.

7. Makan yang teratur
Makan yang teratur bisa mengurangi resiko sakit di pergantian musim, setidaknya makanan yang bergizi bisa membuat Anda lebih kebal dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

8. Pola hidup sehat
Untuk Anda yang memang ingin terhindar dari sakit di saat musim pancaroba, Anda harus melakukan kebiasaan pola hidup sehat. Pasti Anda sudah tahu hal apa saja yang harus dilakukan untuk memenuhi pola hidup sehat tersebut.

9. Kurangi kebiasaan buruk
Nah ini yang penting, kurangi kebiasaan buruk, kalau bisa hindari dan jangan lakukan kebiasaan buruk. Karena kebiasaan buruk menjadi pemicu Anda mengalami sakit di musim pancaroba. Kurang kebiasaan merokok, minum alkohol, minum dingin terlalu banyak dan sering makan junk food.

10. Minum vitamin
Yang terakhir adalah mengonsumsi vitamin atau suplemen yang bisa membuat tubuh Anda jauh lebih sehat. Misalnya saja Anda bisa mengonsumsi vitamin C, vitamin A atau bahkan Anda mengonsumsi madu dan beberapa jamu tradisional yang bisa membuat Anda menjadi lebih sehat. baca juga artikel tentang → Macam-macam Vitamin dan Fungsinya Untuk Tubuh Kita.

11. Tidur teratur dan istirahat yang cukup
Tidur merupakan salah satu hal penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Saat seseorang kekurangan tidur, atau kualitas tidurnya buruk, dapat dipastikan kondisi kesehatan tubuhnyapun akan buruk juga. Untuk itu, usahakan tidur tidak lebih dari jam 10 malam. Ingat tubuh Anda bukan robot, tubuh Anda memerlukan waktu untuk istirahat. Untuk mengetahui informasi mengenai waktu tidur yang cukup silakan baca artikel → Benarkah Kurang Tidur dapat Menyebabkan Kematian? Ini penjelasannya...

12. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Lingkungan yang kebersihannya tidak terjaga, akan menjadi tempat berkembang biak virus dan bakteri. Apabila sudah begitu, bukan tidak mungkin Anda akan lebih mudah terkena penyakit. Jadi jagalah kebersihan lingkungan Anda.

13. Perbanyak Interaksi dengan orang lain
Seseorang yang lebih sering berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya, akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, sehingga ia tidak mudah terkena penyakit. Untuk itu, hindari melamun sendiri, usahakan untuk menyempatkan diri ngobrol dengan orang lain entah itu keluarga ataupun sahabat Anda.

14. Letakan irisan bawang merah disetiap pojok ruangan di rumah Anda
Percaya atau tidak, meletakan irisan bawang merah di setiap pojok ruangan di rumah Anda dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Mengapa demikian? Sebaiknya Anda baca artikel sebelumnya tentang → Inilah yang Akan Terjadi Saat Anda Menyimpan Irisan Bawang Merah di Pojok Ruangan...

15. Konsumsi bawang putih
Bawang putih mengandung anti oksidan yang dapat membasi bakteri dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Selain, itu masih banyak lagi manfaat bawang putih untuk kesehatan yang dapat Anda baca disini → 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Demikianlah akhir dari informasi kami pada kesempatan kali ini, musim yang berganti memang membawa perubahan, bahkan tubuh kita pun harus bisa menyesuaikan dengan baik. Karena memang ketika tubuh kita dihadapkan pada keadaan yang bertolak belakang, dibutuhkan waktu agar kita bisa menyesuaikan diri dengan baik.

Semoga Anda tetap sehat dan bisa menjaga kesehatan meskipun disaat musim berganti. Jangan lupa untuk tetap melakukan pola hidup sehat, perbanyak konsumsi buah dan sayuran serta lakukan olahraga sebagai penyeimbang kesehatan dalam tubuh.

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.

Nisim