Sabtu, Februari 22, 2014

Penyebab Penyakit Tipes/tipus yang Harus dihindari

Tags
Penyakit tipes adalah satu infeksi bakteri yang ditandai oleh beberapa macam penyakit seperti sakit diare, penyakit sistematik atau juga ruam yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella typhi. Penyebab sakit tipes dikerenakan bakteri Salmonella Typhi tersebut masuk ke tubuh melalui makanan – makanan atau minuman yang sudag terkontaminasi. Jika anda makan atau minum ditempat yang sembarangan dan tidak tau kehigenisannya maka anda bisa saja terkena bakteri tersebut. Apabila bakteri tersebut sudah masuk dalam tubuh kemudian menuju ke usus dan ke aliran darah, bakteri tersebut juga akan berjalan ke limfa hati, ginjal, paru – paru dan juga bagian tubuh lainnya yang bisa membuat anda sakit tipes.

Penyebab Penyakit Tipes/tipus yang Harus dihindari


Penyakit tipes menjadi sebuah penyakit yang sudah biasa dan sering terjadi di negara – negara berkembang dan sulit ditemukan di negara – negara maju. Manusia juga bisa menjadi pembawa penyakit tipes melalui kotoran – kotoran yang bertahun – tahun tidak terbuang. Bakteri penyebab sakit tipes ini mudah sekali untuk berkembang dan masuk kedalam tubuh manusia. Maka dari itu jika anda tidak ingin terkena penayit tipes sebaiknya anda menjaga kesehatan dan pola makan anda. Anda juga diwajibakan untuk mengenali Gejala, ciri-ciri dan penyebab tipes karena ini menjadi hal yang sangat penting untuk Ketika anda tau gejala tipes dan ciri – cirinya anda bisa segera tanggap untuk menanganinya dan jika anda tau apa penyebabnya anda juga bisa menghindari hal tersebut.

Ada Ciri-ciri gejala penyakit tifus  yang bisa anda ketahui seperti dimuali dari sakit flu, demam dengan rasa nyeri, mual, lemas, perut seperti penuh atau kembung, pusing, badan terasa panas, mata agak kekuningan, air kencing juga berwarna kecoklatan. Namun biasanya untuk mata berwarna kuning dan air kencing yang berwarna kecoklatan tidak bisa diketahui secara langsung, tidak bisa dalam waktu 1 – 2 hari bisa mengetahuinya. Namun setelah diperiksakan ternyata ada peradangan saluran pencernaan. Namun biasanya setiap gejala yang ada pada seseorang tidak selalu sama, tergantung pada kekebalan tubuh orang tersebut. Jika anda mendapatkan ciri seperti yang disebutkan tadi ada baiknya anda segera untuk memeriksakannya ke rumah sakit atau puskesmas.

Bakteri penyebab penyakit tifus sudah sering menyerang banyak manusia, hampir ada 2,5 juta jiwa yang menderita penyakit tipes dalam setiap tahunnya. Penyakit tipes banyak sekali ditemui dinegara – negara berkembang karena bakteri penyebab penyakit tipes ini merupakan bakteri yang mudah masuk dalam tubuh anda melalui kebersihan lingkungan anda. Jika lingkungan tempat tinggal anda kumuh, dan anda mencuci segala peralatan makan anda seperti piring, sendok, dan lain sebagainya menggunakan air tidak bersih atau air limbah itu bisa menyebabkan bakteri ini semakin mudah untuk masuk kedalam tubuh anda dan menyebabkan adanya penyakit tipes pada diri anda. Jadi sebaiknya jaga kebersihan lingkungan anda.

Namun Apa penyebab penyakit tipus ini bisa dihindari?. Sebenarnya bisa dan sangat mudah. Anda cukup mempunyai hidup yang sehat dan menjaga pola makan anda. Serta tidak sembarangan dalam membersihkan barang apa saja yang berhubungan dengan aktifitas makan dan minum. Olahraga juga menjadi hal yang sangat penting agar penyakit ini tidak masuk dalam tubuh anda, karena melalui olahraga anda bisa membuat kekebalan tubuh anda semakin bagus. Jika kekebalan tubuh anda sudah sangat bagus, maka segala macam penyakit tidak akan bisa masuk begitu saja dalam tubuh anda.

Penyakit tipes atau dahulu sering sekali disebut dengan penyakit kuning bisa juga dengan nama Hepatitis A ini memiliki Faktor penyebab tipus yaitu dengan adanya penyebaran bakteri Salmonella typhi yang masuk dalam tubuh anda dan mempengaruhi kinerja organ tubuh lainnya. Faktor penyebab terbanyak memang dikarenakan pencucian alat makan dan minum yang tidak bersih. Meskipun dianggap mpenyakit yang sering ada dinegara berkembang namun penyakit tipes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Jika tidak segera mendapatkan pertolongan dan hanya dibiarkan dengan obat – obat biasa maka bisa saja mengakibatkan kematian.

Untuk itu mari menjaga kesehatan tubuh kita sendiri. Rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat adalah cara awal untu mecegah semua penyakit masuk dalam tubuh kita. Dan kebersihan lingkungan juga harus kita jaga karena banyak sekali bakteri – bakteri yang bisa menyebabkan sakit berkeliaran dilingkungan kita. Banyak mengkonsumsi buah, sayur dan juga susu akan membantu anda untuk memperkuat daya tahan tubuh anda. Makanan – makanan sehat yang mengandung banyak Vitamin, protein, mineral, dan yang lainnya lah yang sangat dibutuhkan untuk tubuh kita. Sekian informasi yang dapat kami berikan kepada anda, semoga dengan adanya tulisan ini bisa mengetahui apa saja penyebab terjadinya penyakit tipes dan bagaimana ciri – ciri dan gejalanya. Jika anda sudah paham semuanya, maka anda bisa mencegah penyakit tersebut untuk datang.


*Selesai baca, jangan lupa berikan komentar anda, setelah itu bagikan artikel ini dengan cara klik tombol facebook, twitter dan googleplus yang ada di sisi kiri... :D


#Jangan lewatkan artikel menarik berikut ini :


Advertisement

Baca juga:

loading...