Senin, November 09, 2015

Cara Memutihkan Kulit Wajah, Tangan, dan Kaki Secara Alami

Cara memutihkan kulit wajah, tangan, dan kaki secara alami -  Memiliki kulit wajah, tangan, dan kaki yang putih, halus, dan bersinar adalah impian sebagian besar kaum wanita, mungkin Anda salah satunya. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan impiannya itu, mulai dari menggunakan cara tradisional, hingga moderen. Bahkan ada yang lebih parah, mereka secara membabi buta membeli dan memakai alat kecantikan yang keamanannya belum terjamin. Alhasil bukan kulit yang sehat yang mereka dapat, justru kulit mereka rusak.

Cara Memutihkan Kulit Wajah, Tangan, dan Kaki Secara Alami



Hayo, gak mau kan kulit rusak gara-gara pake alat kosmetik sembarangan? Kalaupun ingin memakai kosmetik, usahakan untuk mengkonsultasikannya ke dokter, karena setiap orang kulitnya beda-beda, jadi tidak semua alat kosmetik cocok untuk semua jenis wajah.

Untuk itu, dalam artikel kali ini, blog inkesehatan akan berbagi tips memutihkan kulit wajah, tangan, dan kaki secara tradisional dengan menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita.

Kulit adalah bagian terluar dari tubuh manusia, sehingga kulit memiliki fungsi untuk menjaga dan melindungi tubuh dari serangan luar, baik dari debu, kotoran, udara dan paparan sinar matahari. Karena tugasnya yang cukup berat, yaitu menjaga dan melindungi tubuh, maka pada akhirnya membuat kulit sering mengalami berbagai masalah.

Ada banyak masalah kulit yang sampai saat ini masih menjadi problematika umum, karena begitu banyak masalah kulit yang dialami oleh orang-orang terutama masyarakat Indonesia yang memang tinggal di daerah tropis.

Bila musim kemarau tiba, maka keadaan kulit pun akan cenderung lebih kusam dan kering. Dan bila musim hujan tiba, kulit akan tetap kering bila kita tidak mampu merawatnya dengan baik.

Oleh karena itu saat ini dibuka banyak tempat yang memang menyediakan berbagai macam solusi untuk para masyarakat Indonesia khususnya kaum perempuan yang memang membutuhkan ahli kecantikan agar bisa mengatasi masalah kulit yang dialami.

Bagian kulit yang sering mendapat masalah adalah wajah, kulit tangan dan kaki. Karena 3 bagian kulit ini memang terlihat diluar serta paling rentan terkena debu atau paparan sinar matahari.

Sehingga kami sengaja membagikan informasi yang berkaitan dengan tips-tips mudah untuk memutihkan kulit wajah, tangan dan kaki. Karena biasanya kulit kita menjadi gelap, kering, kusam, keriput dan untuk wajah biasanya terdapat jerawat atau komedo.

Tentu saja masalah kulit seperti ini akan membuat seorang perempuan maupun laki-laki merasa kurang percaya diri dan mengurangi penampilan mereka. Dampak paling parah dari masalah kulit adalah, kita merasa enggan bertemu dengan orang lain, malu, dan menutup diri karena takut orang lain akan mengejek kita akibat kulit yang tidak terawat.

Dan untuk mengatasi masalah tersebut, simak informasi dibawah ini agar Anda tahu solusi tepat untuk mengatasi permasalahan kulit yang kompleks.

 Mengapa kulit tampak kusam dan gelap?

Tahukah Anda mengapa Anda memiliki kulit tampak kusam dan gelap? Sadarkah bahwa kegiatan Anda selama ini menyebabkan kulit Anda gelap dan kusam? Daripada penasaran, yuk simak informasi penyebab kulit kusam dan gelap.

Dibawah ini adalah 7 kumpulan penyebab mengapa Anda memiliki kulit gelap dan kusam.

1. Stress
Seseorang yang mengalami stress akan mudah mengalami penuaan dini, itu mengapa kita dianjurkan untuk tetap bahagia, ceria dan mengatasi setiap masalah dengan hati yang tenang. Sebab stress bisa mempengaruhi penuaan dini jauh lebih cepat, oleh karena itu orang yang sering mengalami stress, akan terlihat lebih tua dan kulitnya kurang sehat, serta terdapat banyak kerutan terutama di wajah.

2. Diet tidak tepat
Apakah Anda sedang dalam masa diet? Jika iya, jangan sampai Anda melakukan diet tidak sehat. Karena program diet gagal bisa berpengaruh pada kulit sehingga nantinya bisa membuat kulit Anda kusam, seperti kurang terawat. Hal ini dikarenakan mungkin saat Anda menjalankan program diet Anda lupa tidak memenuhi asupan gizi yang memang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit.

3. Paparan sinar matahari
Dan yang paling wajar dari penyebab kulit kusam, kering, serta tidak sehat adalah paparan sinar matahari. Sebenarnya sinar matahari bagus untuk kesehatan kulit, hanya saja di waktu tertentu seperti dari pukul 6 hingga 9 pagi. Setelah itu, matahari akan mengeluarkan paparan sinar ultraviolet yang memang tidak baik untuk kesehatan kulit manusia, apalagi memang panas matahari bisa membuat kulit kering dan bersisik.

4. Waktu istirahat kurang
Jika Anda adalah salah satu orang yang suka bergadang, tidur terlambat atau bahkan jarang tidur, biasanya Anda memiliki kulit yang kurang sehat. Hal ini dikarenakan kulit terus bekerja untuk melindungi tubuh kit. Sedangkan bila kita beristirahat, maka kulit akan ikut beristirahat dan melakukan peremajaan kulit dengan baik.

5. Kebiasaan buruk
Kebiasaan butuk yang dimaksud dalam poin kelima ini adalah sering minum alkohol, merokok dan memiliki kebiasaan buruk mengonsumsi obat-obatan. Bila Anda terlibat dalam kebiasaan buruk ini terutama Anda adalah seorang perempuan, maka tak heran bila Anda memiliki segudang masalah dalam kesehatan, termasuk kesehatan kulit yang menurun.

6. Pola makan tidak teratur
Untuk Anda yang memang susah makan atau mungkin meremehkan waktu makan, harusnya mulai dikurangi yaa. Cobalah untuk rutin makan sesuai dengan jam makan Anda, karena kekurangan zat gizi bisa membuat kulit Anda jauh lebih mudah kering dan kusam. Mungkin Anda tidak bekerja di luar ruangan, namun karena Anda makan tidak teratur, hal inilah yang memicu Anda memiliki kulit kurang sehat.

7. Salah pemakaian kosmetik
Dan yang terakhir adalah akibat salah pemakaian kosmetik. Anda yang sering ganti kosmetik, menggunakan make up yang tebal dan menggunakan berbagai produk tanpa meneliti terlebih dahulu mengenai keamanan dan kegunaannya, bisa memicu timbulnya masalah kulit. Karena setiap orang memiliki karakter kulit masing-masing sehingga memang harus disesuaikan saat memakai berbagai kosmetik. Jangan sampai salah pilih apalagi asal ikut teman.

❧ Masalah yang timbul akibat kulit kusam

Setelah mengetahui banyak faktor penyebab kulit kering dan kusam, kini saatnya Anda mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat memiliki kulit kusam.

1. Terlihat lebih tua
Orang yang memiliki kulit kering dan kusam, biasanya lebih cepat mengalami kerutan di wajah dan beberapa bagian kulit lain seperti tangan dan kaki. Karena tidak ada minyak atau lemak yang bisa membuat kulit jadi lebih elastis. Itu mengapa banyak perempuan lebih cepat tua akibat penuaan dini karena tidak mampu merawat kulit dengan baik.

2. Tidak menarik
Bila Anda masih muda, baik yang lajang maupun yang sudah berpasangan, semisal Anda memiliki kulit kering dan kusam, seperti tidak terawat, apa perasaan Anda terhadap pasangan Anda ? Atau teman-teman dan sekeliling Anda ? Pasti mereka akan memberikan masukan pada kita karena kulit kita yang kurang sehat. Akibatnya membuat penampilan kita kurang menarik.

3. Minder
Dan akibat yang paling sering dialami oleh banyak orang khususnya perempuan adalah rasa malu. Tekanan psikologi akibat memiliki kulit tidak sehat bisa saja membuat mereka jadi malu dan enggan bertemu dengan orang lain.

Setelah mengetahui dampak atau akibat dari kulit kusam, belajar mengenai penyebab dan juga kebiasaan buruk penyebab kulit kering dan kusam, maka pada informasi selanjutnya kami menghadirkan tips yang memang diperuntukkan bagi Anda yang ingin meerawat kulit wajah, tangan dan kaki dengan cara yang alami. Yuk simak.

❧ Tips memutihkan kulit wajah dengan bahan alami

Untuk memutihkan wajah secara alami, ada banyak cara yaitu bisa menggunakan buah maupun sayuran. Bagaimana caranya? Simak informasi dibawah ini.
1. Madu

Memutihkan kulit wajah dengan madu
Madu

Kandungan madu yang sangat banyak dan bermanfaat ini bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kering dan kusam. Anda bisa menggunakan madu sebagai masker ataupun suplemen yang diminum setiap hari.

2. Jeruk nipis
Kandungan vitamin C dan sarinya yang segar ini ternyata bisa mengatasi kulit perempuan yang masih kering dan kusam. Anda bisa membuat masker dari jeruk nipis ataupun sekedar membuat minuman sari jeruk nipis.

3. Alpukat

Memutihkan kulit wajah dengan alpukat
Alpukat

Selanjutnya ada buah alpukat yang memang baik untuk kesehatan, salah satunya untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Anda bisa membuat jus alpukat atau bahkan membuat masker alami untuk wajah berbahan dasar alpukat.

4. Lemon

Memutihkan kulit wajah
Jeruk Lemon

Dan yang terakhir adalah menggunakan lemon untuk menjaga kulit tetap lembab dan putih. Karena lemon beserta kandungannya bisa menjaga kulit agar tidak kusam dan kering.


❧ Tips memutihkan kulit tangan dengan bahan alami

Setelah mengetahui cara memutihkan kulit wajah, kini saatnya Anda belajar bagaimana caranya memutihkan kulit tangan, yuk simak.

1. Tomat

Memutihkan kulit tangan dengan tomat
tomat
Bila Anda ingin mendapati kulit tangan yang putih dan halus, Anda bisa menggunakan tomat. Ya, gunakanlah tomat sebagai handbody Anda disaat Anda memiliki waktu luang. Atau bisa juga Anda membuat jus tomat dan diminum setiap hari agar kulit tangan tetap sehat tanpa kusam.


2. Bengkoang

Memutihkan kulit tangan dengan bengkoang
Bengkoang

Bengkoang memang telah menjadi salah satu nutrisi dari alam yang diciptakan untuk menjaga kecantikan kulit perempuan. Bengkoang mampu membersihkan kulit tangan, membuat tangan lebih putih dan mampu mengatasi kulit tangan yang kusam. Anda bisa menggunakan bengkoang sebagai masker alami.

3. Telur

memutihkan kulit tangan dengan telur
Telur

Putih telur sering digunakan oleh perempuan zaman dahulu untuk menjaga kesehatan kulit. Nah Anda pun masih bisa mencobanya, meskipun berbau amis, namun kahasiat dari putih telur ini benar-benar mampu dijadikan sebagai alternatif bahan alami yang bisa membuat kulit lebih putih dan sehat.

Tips memutihkan kulit kaki dengan bahan alami

Dan diakhir informasi, kami masih memiliki poin penting tentang bagaimana caranya untuk memutihkan kaki. Meskipun kaki kita sering tertutup, hal ini tidak menghalangi kita untuk tidak merawatnya.

Justru kita harus selalu menjaga kesehatan kulit kaki, apalagi banyak pengobatan yang menjadikan kaki sebagai pusat untuk mendeteksi suatu penyakit. Banyak sumber yang mengatakan bahwa penyakit berkumpul di kaki. Nah kebayangkan kalau saja kita tidak merawat kulit kaki dengan baik? Yuk simak tipsnya dibawah ini.

1. Air hangat
Untuk Anda yang setelah lelah bekerja seharian, cobalah untuk merendam kaki Anda kedalam air hangat. Tingkat kehangatan disesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Karena dengan merendam kaki menggunakan air hangat bisa membuat kulit kaki jadi lebih sehat, sel kulit mati mengelupas dan membantu kulit dalam meremajakan sel kulit.

2. Air garam
Nah satu lagi, campuran air hangat dan garam dapur ini ternyata efektif dalam menghilangkan bau kaki loh. Selain bermanfaat menghilangkan bau kaki ternyata air garam ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kaki sehingga kaki lebih bersih, mulus dan tidak kusam.

3. Minyak zaitun

memutihkan kulit dengan minyak zaitun
Minyak Zaitun

Dan inilah cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk membuat kaki lebih putih dan sehat. Gunakan minyak zaitun, untuk diusapkan pada semua bagian kaki. Selain menghilangkan sel kulit mati, minyak zaitun juga mampu menghangatkan kaki.

Bagaimana ladies? Apakah Anda sudah siap untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah, tangan dan kaki? Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih dan melakukan beberapa tips diatas secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Advertisement

Baca juga:

loading...