Jumat, April 11, 2014

7 Makanan Penambah Darah

Tags

Makanan Penambah Darah - Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh. Maka dari itu kadar darah dalam tubuh kita has tetap seimbang, tidak boleh terlalu banyak karena bisa menyebabkan penyakit darah tinggi, juga tidak boleh terlalu sedikit karena dapat menyebabkan beberapa penyakit mulai dari anemia hingga kanker

7 Makanan Penambah Darah
Kurang darah?


Penyebab mengapa tubuh kita bisa kurang darah biasanya disebabkan oleh pola hidup dan pola makan kita sendiri yang tidak teratur, seperti terlalu memaksakan tubuh untuk bekerja terlalu keras, sehingga memaksa kita untuk begadang yangakhirnya membuat waktu tidur kita tersita. Keesokan harinya anda harus bangun lagi di pagi hari karena tuntutan kerja, dan selalu begitu seterusnya. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh kurangnya mengkonsumsi jenis makanan yang dapat menambah darah, akhibatnya tubuh kita akan menjadi mudah lelah, letih, lesu.

Bahaya kekurangan darah dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit mulai dari anemia (penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya darah dalam tubuh), sakit kepala, hingga penyakit paling mematikan yaitu kanker. Mengapa bisa menyebabkan penyakit kanker? karena saat tubuh anda kekurangan sel darah merah, sel darah putih akan tetap berkembang sehingga terjadi kanker. Maka dari itu, disini saya akan berbagi tips bagaimana caranya agar tubuh kita tidak kekurangan darah dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini :

1. Danging
Mengapa harus danging? Karena Daging kaya akan protein dan juga mengandung 2,8 Mg zat besi, dalam 100gram daging sapi. So, mulai dari sekarang jadikan daging sebagai menu wajib makanan anda, walau tidak setiap hari.

2. Ikan
Selain daging, masih ada makanan yang mengandung zat besi yaitu ikan. Dalam 100 gram ikan sarden mengandung 2,5 mg zat besi. Selain itu masih ada Ikan salmon dan ikan tuna yang merupakan sumber utama protein dan asam lemak omega 3. Selain itu ikan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani anda.

3. Sayur-sayuran
Untuk menambah darah, anda juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis sayuran seperti, bunga kol dan brokoli, saosin atau sawi, sayur bayam, kangkung, daun katuk, kacang-kacangan, kentang dan lobak, ubi. Sayuran tersebut biasa kita temukan dalam sayur sop.

4. Jagung
Tahukan ada, kita juga bisa mencegah kekurangan darah dengan mengkonsumsi jagung. Jagung yang selama ini kita tahu mengandung karbohidrat ini ternyata juga megandung banyak zat besi yang bisa bermanfaat untuk menambah darah. Selain itu juga mengandung vitamin A dan C.

5. Daun singkong
Daun singkong merupakan tanaman yang memilki kandungan gizi yang cukup lengkap. Sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan aneka makanan, dan juga dalam penggunaannya untuk pegobatan termasuk untuk menambah darah. Dalam daun singkong terkandung Karbohidrat, Phosphor, Kalsium, Vitamin C, Protein, Zat Besi, Lemak, Vitamin B1.

6. Kuning Telur
Selain yang sudah saya sebutkan diatas, ada lagi makanan yang dapat menambah darah yaitu kuning telur. Bagaimana caranya? Anda hanya tinggal merebus telur tersebut lalu konsumsi secara teratur setiap hari.

7. Jengkol dan Petai
Dua makanan ini banyak dibenci orang karena baunya yang menyengat. Tapi tahukan anda, dibalik semua itu ternyata dua akanan bau ini punya segudang manfaat. Yap, diantaranya untuk menambah kandungan darah dan menambah tenaga. Petai dan jengkol ini bisa membuat kita terhindar dari depresi. Bahkan banyak atlit yang mengkonsumsi petai agar staminanya meningkat. Tidak percaya? silahkan buktikan sendiri.

Nah, itulah informasi tentang beberapa jenis makanan penambah darah yang mungkin dapat memberikan manfaat bagi anda yang membaca. Selalu jaga kesehatan anda dengan menjalani pola hidup dan pola makanan yang teratur. Salam sehat :)

sumber :
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090914073005AA73lR5
http://harian10.blogspot.com/2013/07/10-cara-alami-cepat-menambahkan-darah.html

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.

Nisim