Rabu, Juli 16, 2014

Kolesterol : Fungsi, Jenis, Gejala dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

15 Cara Menurunkan kadar Kolesterol dalam Tubuh Anda - Kolesterol adalah senyawa yang erat kaitannya dengan lemak, karena kolesterol sendiri termasuk kedalam keluarga lemak. Namun walaupun demikian, bentuk dari kolesterol ini tidak sama dengan lemak, kolesterol sendiri bentuknya menyerupai lilin berwarna kekuningan (dalam bahasa inggris disebut waxy steroid). Kolesterol dapat ditemukan pada setiap sel yang ada dalam tubuh dan juga berperan penting dalam proses pembentukan organ-organ penting dalam tubuh. sumber : wikipedia


Daftar bahasan :

Fungsi Kolesterol dalam Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kolesterol memiliki peran penting dalam tubu yang salah satunya adalah untuk membantu prose pembentukan bentuk sel-sel sehat dalam tubuh seperti dalam pembentukan hormon dan asam empedu. Berikut ini adalah fungsi kolesterol lainnya :
  • membentuk hormon seks
  • membentuk hormon korteks adrenal yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan metabilsme dan kadar garam dalam tubuh
  • membantu perkembangan jaringan otak dan syaraf
  • sebagai pembungkus dan pelapis jaringan syaraf dan membran sel
  • memproduksi vitamin D yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dalam tubuh
  • sebagai bahan pembentukan asam garam, empedu yang berfungsi untuk meningkatkan pembuangan lemak dalam tubuh
  • memperkuat jaringan sel-sel yang ada dalam tubuh sehingga fungsi organ-organ pada tubuh dapat berfungsi secara lebih optimal

Kolesterol : Fungsi, Jenis, Gejala dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi
Fungsi dan Jenis Kolesterol

Jenis-jenis Kolesterol

Ada tiga jenis kolesterol dalam tubuh yang tersusun atas kolesterol, protein, dan trigliserida. Namun yang membedakan ketiga jenis kolesterol tersebut adalah perbedaan jumlah dan susunan setiap faktor penyusunnya (kolesterol, protein dan trigliserida). Berikut ini adalah penjelasan mengenai 3 jenis kolesterol dalam tubuh :
  1. Kolesterol LDL
    Kolesterol LDL ( Low Density Lipoprotein). Merupakan jenis kolesterol yang memiliki jumlah kolesterol terbanyak jika dibandingkan dengan protein dan trigliserida. Kolesterol LDL sendiri berperan sebagai menyebarkan kolesterol yang diproduksi oleh sel hati ke jaringan-jaringan tubuh lain.
  2. Kolesterol VLDL
    Kolesterol VLDL (Very Low Density Lipoprotein) adalah kolesterol yang memiliki jumlah trigliserida paling terbanyak ketimbang protein dan kolesterol. jenis kolesterol ini memiliki sifat seperti kolesterol LDL namun sebagain besar penyusunnya adalah triglseida, dan juga merupakan salah satu jenis lemak yang ada dalam darah.
  3. Kolesterol HDL
    Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) merupakan jenis kolesterol yang memiliki jumlah protein paling banyak terbanyak dibanding trigliserida dan juga kolesterol. Kolesterol jenis ini dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh dan biasa disebut sebagai kolesterol baik.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Dalam keadaan normal atau stabil, kolesterol memiliki banyak fungsi dalam tubuh. Tetapi jika kadar kolesterol dalam tubuh meningkat / tidak stabil, maka dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah atau penyakit serius misalnya diabets dsb. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh berlebih, agar kita dapat menghindari bahaya kolesterol tinggi dalam tubuh. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi dalam tubuh :

  1. Pola Makan yang Tidak Sehat
    Pola makan yang tidak sehat misalnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh seperti jeroan, keju, jenis makanan yang dimasak dengan cara digoreng, dsb.
  2. Merokok
    Salah satu bahaya rokok adalah dapat menyebabkan kolesterol tinggi, karena rokok dapat menurunkan kadar HDL atau lemak baik dalam tubuh secara perlahan tapi pasti. Maka dari itu, jika anda adalah seorang perokok yang ingin terhindar dari resiko kolesterol tinggi, salah satunya adalah dengan berhenti merokok sekarang juga.
  3. Berat Badan Berlebih / Obesitas
    Sebagain besar dari penderita kolesterol tinggi adalah orang yang memiliki badan gemuk atau bahkan obesitas. Tahu mengapa? karena dalam tubuh mereka terjadi penumpukan lemak yang menyebabkan meningkatnya kadar trigliserida yang dapat menurunkan kadar HDL / lemak baik dalam tubuh. Untuk menghindari resiko ini, setidaknya anda harus mulai mengontrol pola hidup dan pola makan anda, salah satu solusi terbaiknya dalah dengan menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan belebih, sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.
  4. Tingkat Aktivitas Fisik
    Orang yang memiliki banyak aktivitas per harinya, biasanya akan lebih sehat dibandingkan dengan orang yang hanya diam bermalas-malasan, tahu mengapa? karena saat seseorang banyak bergerak, telah terjadi pembakaran lemak LDL dalam tubuh, dan meningkatkan kadar lemak HDL. Begitupun sebaliknya, tubuh yang tidak banyak bergerak memungkinkan untuk terjadi peningkatan LDL yang akan menyebabkan menurunnya kandungan HDL / lemak baik dalam tubuh.
  5. Faktor Genetika
    Nah, untuk faktor penyebab yang satu ini, memang sulit untuk dikontrol. Orang yang punya riwayat keluarga yang mengidap penyakit kolesterol tinggi biasanya memiliki peluang lebih besar terkena kolesterol tinggi. Jika dokter menyataka anda mengalami kolestrol tinggi, sebaiknya anda cari tahu terlebih dahulu, apakah ada salah satu anggota keluarga anda yang menderita kolesterol tinggil? jika ya, maka faktor penyebab penyakit anda adalah karena faktor keturunan.
  6. Jenis Kelamin dan Usia
    Jenis kelamin dan usia seseorang juga turut menentukan penyebab kolesterol tinggi. Pada umunya kolesterol tinggi lebih banyak dialami oleh pria yang sudah berusia 40 tahu keatas, sedangkan untuk wanita biasanya bagi mereka yang sudah memasuki tahap menopause.

Gejala Kolesterol Tinggi

Setelah mengetahui berbagai penyebab kolesterol tinggi, kita akan membahas mengenai seperti apa sih gejala yang ditimbulkan jika kita terkena kolesterol tinggi? nah, berikut penjelasannya :
  1. Sering kesemutan di tangan dan kaki
    Sering kesemutan? hati-hati jangan-jangan anda sudah mengidap penyakit kolestrol tinggi. Kesemutan disebabkan oleh adanya bagian saraf dalam tubuh yang tidak teraliri darah. Dan hal tersebut juga merupakan salah satu gejala yang dialami oleh penderita kolesterol tinggi pada umumnya. Maka dari itu, jangan meremehkan kesemutan.
  2. Pegal dibagian Tengkk dan Pundak
    pegal di bagian tengkuk dan pundak merupakan gejala yang diakibatkan oleh tidak lancarnya aliran darah pada bagian tubuh tertentu termasuk tengkuk dan pundak. Dan tidak lancarnya aliran darah tersebut biasanya karena tersumbat oleh kolesterol yang kadarnya melebihi batas normal.
  3. Merasa Pusing pada kepala bagian belakang
    Pusing yang terasa di kepala pada bagian belakang merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah disekitar kepala oleh kolesterol yang lama-kelamaan bisa pecah dan menyebabkan penyakit mengerikan yaitu penyakit stroke.
  4. Sering Pegal di Tangan dan Kaki
    Tidak melakukan aktivitas berat tapi sering meras apegal? bisa jadi itu adalah gejala kolesterol tinggi. Sama halnya dengan pegal di bagian tengkuk dan pundak, rasa pegal di tangan dan kaki juga disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah oleh tumpuka kolesterol.
  5. Rasa sakit seperti tertusuk, di bagian dada sebelah kiri
    Mungkin anda pernah merasakan rasa sakit seperti tertusuk di daerah dada sebelah kiri. Hal tersebut dikarenakan adanya penyumbatan pembuluh darah yang ada disekitar jantung dan pada kasus lebih parahnya, hal tersebut juga dapat menyebabkan serang jantung.

Bagaimana Cara menurunkan Kolesterol Tinggi?

Setelah membahas apa saja penyebab dan gejala kolesterol tinggi, kami akan bagikan tips bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. Berikut ini beberapa cara mengatasi kolesterol tinggi yang dapat kami sarankan :

  1. Mengatur pola makan
    Tadi kita sudah mengetahui, bahwa salah satu penyebab kolesterol tinggi adalah karena pola makan yang kurang sehat, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Mulai sekarang anda bisa coba untuk mengatur pola makan anda dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Walaupun terkadang kita tahu, makanan-makanan tersebut sangat enak hehe.
  2. Berhenti Merokok Sekarang Juga
    Sayangi tubuh anda dengan berhenti merokok, selain dapat meyebabkan berbagai penyakit kanker dan paru-paru, merokok juga menjadi salah satu penyebab kadar lemak jahat dalam tubuh meningkat. Jadi saran kami, berhentilah merokok sekarang juga walaupun kami tahu itu sulit. Tapi jika anda mau berusaha, anda pasti bisa. Untuk itu, baca juga artikel tentang Tips Powerful untuk Berhenti Merokok.
  3. Kontrol Berat Badan Anda
    Anda dapat menjalankan beberapa program diet rendah kolesterol dan melakukan olahraga ringan agar berat badan anda tidak berlebih. Anda juga dapat mencoba program diet OCD atau diet Mayo yang sudah terbukti dapat menurunkan berat badan dalam waktu yang cukup singkat, dan dengan usaha yang keras juga kedisiplinan tentunya.
  4. Rutin Berolahraga
    Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol tinggi yang paling ampuh yaitu dengan rutin berolahraga. Anda bisa joging, atau pergi ke tempat fitnes, namun jika tidak memungkinkan, anda juga dapat melakukan olahraga ringan dirumah salah satunya dapat anda baca dalam artikel : 12 Jenis Olahraga untuk Mengoptimalkan program Diet.
  5. Hindari stress
    Stress juga merupakan salah satu faktor pemicu peningkatan kada kolesterol dalam tubuh. Maka dari itu, sebisa mungkin kita harus menghindari stress, dengan cara melakukan hal-hal yang menyenangkan dan menghindari kesedirian.
  6. Hindari Minum Kopi Berlebihan
    Mengkonsumsi kopi secara berlebih dapat menyebabkan kolesterol tinggi, jadi jika anda suka kopi, konsumsilah kopi dalam jumlah yang wajah.
  7. Lakukan Pemeriksaan ke dokter secara rutin
    Jika anda mengalami gejala yang dicurigai sebagai gejala dari kolestrol tinggi, kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, agar anda dapat mengetahui solusi apa yang paling tepat untuk anda lakukan.

Dalam artikel selanjutnya, kami akan menyajikan informasi kesehatan mengenai jenis makanan penurun kolesterol dan makanan penyebab kolesterol tinggi serta beberapa tips untuk mengatasi kolesterol tinggi lainnya. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini ya :)

Demikian informasi seputar kolesterol yang meliputi Fungsi, Jenis, Gejala dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. 

"Bagaimana pendapat anda mengenai informasi tentang kolesterol ini? apakah bermanfaat bagi anda? atau anda juga punya tips untuk menurunkan kolesterol tinggi juga? silahkan dishare di kolom komentar ya"  (^_^)7

loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.