Sabtu, Oktober 18, 2014

Pengertian dan Jenis Tumor yang Wajib Diketahui

Tags
Waktu itu saya pernah membahas mengenai Meshotelioma atau Kanker Paru - paru, Nah kali ini saya akan mengupas berbagai macal hal yang berkenaan dengan penyakit kanker. Namun sebelum ke pokok bahasannya langsung lebih baik kita kenalan dulu dengan yang namanya Sel.

Sel merupakan bagian tubuh makhluk hidup yang paling kecil. Pada dasarnya sel akan terus berkembang biak dengan melakukan pembelahan. Kecepatan pertumbuhan sel biasanya sebanding dengan kecepatan pertumbuhan kita dan sel pun akan mati kalau sudah mencapai batas tertentu dan akan digantikan oleh sel yang baru. Contohnya saja seperti kulit kita yang mengelupas. 

TUMOR

Pengertian Tumor dan Jenisnya
Tumor

Pengertian Tumor

Taukah anda apa itu Tumor? Tumor merupakan sel yang tumbuh secara abnormal. Jadi Selnya membelah dengan sangat cepat dan diluar batas kewajaran. Ketika tumor ini berada pada tahap lanjut maka ia akan membentuk sebuah benjolan - benjolan. Contohnya saja ketika anda mengidap penyakit ini disekitar payudara anda bisa mengeceknya dengan meraba apakah tumbuh benjolan atau tidak. Tumor merupakan salah satu penyakit yang ganas dan bisa mengakibatkan kematian ketika sudah mencapai tahapan tertentu. 

Neoplasia atau nama lain dari tumor, berasal dari dua kata yaitu neo yang berarti baru dan plasia yang berarti pertumbuhan. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa neoplasia merupakan pertumbuhan yang baru yang namun berada diluar jaringan yang normal.

Istilah Dalam Tumor

Ada beberapa istilah klinis yang biasa dipakai saat seseorang mengidap penyakit ini. antara lain :

1. Derajat (Grading)
Intilah ini menunjukan derajat tumor berdasarkan anaplasia. Contohnya saja ada sel yang sangat anaplastik sehingga menandakan tingkat yang tinggi.

2. Stadium (Staging)
Kalau istilah yang astu ini amda pasti sudah tidak asing lagi bukan. Stadium biasanya menunjukan jumlah atau tingkatan tumor seseorang. Bisa berdasarkan kecepatan pertumbuhannya, dan bisa juga berdasarkan pada tingkat penyebarannya.

3. Waktu Penggandaan (Doubling Timing)
Yaitu perkiraan waktu yang diperlukan oleh sel yang membelah. Semakin cepat dan semakin banyak sel itu membelah berarti semakin singkat pula waktunya.

Pertumbuhan Tumor

Ketika tumor terus membelah diri dan menyebar maka ia akan mematikan dan melukai sel sel yang ada disekitarnya. Maka dari itu karena ia membesar maka akan terlihat benjolan benjolan. Tumor tersebut akan menghimpit sel yang seharusnya tumbuh secara normal selain itu sel tumor itu juga akan menghancurkan suplai darah yang seharusnya diterima oleh sel sel yang normal. 

Bahkan tumor mengeluarkan suatu enzim yang dapat menghancurkan membran dari sel - sel yang baik, dengan begitu tumor itu bisa dengan bebas menyebar keberbagai tempat dan tumor bisa membesar pada ukuran ukuran tertentu

 Jenis Tumor

1. Tumor Jinak
Tumor jinak merupakan sel tumbuh secara abnormal namun dengan kecepatan yang relatif rendah, ataupun tumor tersebur tumbuh disekitar daerah yang akan membuatnya sulit untuk menyebar. Sehingga tumor jinak pada dasarnya bisa diangkat melalui oprasi. Tumor ini jika tidak terlalu membahayakan hidup orang yang mengidapnya. Tapi tetap saja jika ketahuan anda mengidap tumor jinak segeralah melakukan pengangkatan dengan oprasi karena akan berbaha jika dibiarkan.


2. Tumor Ganas
Kalau tumor ganas tentu saja kebalikan dari tumor yang jinak. Pertubuhannya sangat cepat dan bisa membunuh sel - sel yang berada disekitarnya. Tumor ini biasa kita sebut dengan Kanker. Pada umunya penderita tumor ganas sulit sekali diobati melalui oprasi sekalipun. Namun jika dibiarkan ia akan menjadi cikal bakal dari pertumbuhan kanker dan akan sangat membahayakan hidup pasien yang mengidapnya. 
Namun tidak semua tumor akan menjadi sel kanker. Tumor akan menjadi sel kanker hanya pada kondisi kondisi tertentu. Contohnya saja ada orang yang mengidap tumor jinak selama belasan tahun tahun namun tumor tersebur tetap saja jinak dan tidak menyebar.
Tumor diatas juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis tergantung pada tepat tumor itu tumbuh antara lain :
  • Tumor Otak
  • Tumor Payudara
  • Tumor Paru - paru
  • Tumor Rahim
  • Tumor Usus
  • Tumor Tulang
  • dan masih banyak lagi

Hal yang dapat memicu pertumbuhan sel secara abnormal

  • Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung lemak namun kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat
  • Banyaknya penambahan penambahan zat sintetik pada makanan yang mmasuk dalam tubuh
  • Kurang melakukan kegiatan olah raga
  • Terlalu sering merokok dan meminum alkohol
  • Polusi
  • Pertumbuhan sel juga bisa diakibatkan olah Stress yang berlebihan
  • Segalahal yang berbentuk pola hidup yang tidak sehat bisa mengakibatkan tumbuhnya tumor dan terjadinya kanker.
Nah sekarang kita sudah tahu bukan mengenai Apa itu Tumor dan Apa saja Jenisnya?, janganlah menyepelekan kesehatan kita karena kalau kita sudah sakit pada akhirnya kita akan menyesal. Dan jangan lupa hargailah hidup kita sebaik mungkin dan terus jaga tubuh kita.

Segitu dulu tips mengenai Tumor ya, jika artikel ini bermanfaat untuk anda jangan lupa untuk berbagai dengan teman teman anda. Jangan lupa pula untuk like arikel ini ya. terimakasih telah berkunjung. Nantikan berbagai tips Kesehatan dan Kecantikan lainnya juga disini.
Advertisement

Baca juga:

loading...