Sabtu, Juli 04, 2015

9 Tips Jitu Agar Anak Anda Menyukai Sayuran

Bagaimana cara menyikapi anak yang sama sekali tidak menyukai sayuran? Padahal selama ini kita tahu bahwa sayuran sangat penting bagi kesehatan mereka. Sayuran mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak mengkonsumsi sayuran dapat menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya adalah obesitas atau berat badan berlebih. Hal tersebut dapat terjadi karena tubuhnya kekurangan banyak nutrisi. Lalu, sebagai orangtua, sebaiknya apa yang harus kita lakukan? Untuk mengetahui jawabannya, yuk kita lanjut baca!

Sebagai orangtua, tugas Anda adalah untuk membuat anak-anak tetap sehat dengan membuat mereka makan makanan sehat, salah satunya yaitu sayuran. Namun, ada hal penting yang harus Anda ketahui. Jangan sekali-kali memaksa mereka. Karena cara tersebut tidak akan merubah kebiasaan makan mereka. Lalu bagaimana solusinya? Rupanya membuat anak Anda makan sayuran bukanlah hal yang sulit. Solusinya yaitu, Anda hanya perlu menyajikan sayuran dalam kemasan atau bentuk yang berbeda. 

9 Cara Agar Anak Makan Sayuran

9 Cara Lezat Agar Anak Anda Mau Makan Sayuran
Anak tidak suka sayuran

Berikut ini adalah beberapa cara menyajikan sayuran yang akan membuat anak-anak Anda menyukai sayuran. Mari kita simak langkah-langkah berikut ini!

1. Menyajikan Sayuran dalam Bentuk Risoles

Menyajikan Sayuran dalam Bentuk Risoles
Cara yang pertama adalah menyajikan sayuran dalam bentuk resoles. Risoles adalah makanan berisi daging, biasanya daging cincang, dan sayuran yang dibungkus dadar, dan digoreng setelah dilapisi tepung panir dan kocokan telur ayam. 

2. Membuat Pasta Sehat 

Membuat Pasta Sehat
Cara kedua yaitu dengan membuat pasta sehat yang dicampur dengan sayuran. Anda dapat membuat pasta gandung yang sehat dengan menambahkan berbagai jenis sayuran di dalamnya. Anak menyukai pasta dan mencampurkan sayuran dengan pasta adalah salah satu cara terbaik agar Anda anak makan sayuran.

3. Membuat Sayur Goreng

Membuat Sayur Goreng
Menyajikan sayuran dengan cara digoreng menggunakan minyak zaitun akan membuat sayuran terasa renyah. Karena minyak zaitun kaya agan asam lemak omega 3 yang dapat membuat makanan menjadi lebih renyah. Penelitian menunjukan bahwa anak-anak lebih menyuka makanan renyah. Misalnya Anda dapat membuat kentang goreng, kubis goreng, atau mencampurkan berbagai jenis sayuran lalu digoreng. Cara ini akan membuat anak Anda bersedia memakan sayuran tanpa harus dipaksa.

4. Jangan Menyajikan Sayuran dalam Bentuk Mentah

Jangan menyajikan sauran dalam bentuk mentah, karena biasanya anak-anak tidak menyukai itu. Anda dapat menyjikan sayuran dalam bentuk sup. Sajikan sup tersebut dengan kentang goreng. Cara ini juga dapat membuat anak Anda lebih menyukai sayuran.

5. Sajikan Sayuran dalam Bentuk Hamburger

Anak-anak suka hamburger. Kita dapat menyisipkan sayuran yang telah di goreng kedalam hamburger. Namun, seperti yang telah dikatakan diatas, Anda harus menggoreng beberapa jenis sayuran dengan menggunakan minyak zaitun. Setelah itu Anda bisa memasukannya kedalam hamburger. Agar rasanya lebih lezat, Anda dapat menambahkan telur ceplok di dalamnya.

6. Berikah Hadiah

Jika anak Anda masih tidak menyukai sayuran, Anda dapat menggunakan cara lain yaitu dengan memberinya hadiah. Berikan anak Anda hadian jika mereka mau memakan sayuran. Tidak harus dengan barang yang mahal. Cukup berikan mereka makanan ringan, stiker atau mainan yang mereka sukai.

7. Jadilah Contoh Bagi Anak-anak Anda

Sebagai orangtua, kita harus memberikan contoh yang baik bagi anak-anak. Karena anak biasanya akan meniru kebiasaan orangtua, termasuk kebiasaan makan. Untuk itu, jadilah contoh yang baik bagi anak Anda dengan menjalani pola makan sehat. Salah satunya dengan gemar memakan sayuran.

8. Ajak Mereka untuk Turut Serta dalam Memasak

Ajak Mereka untuk Turut Serta dalam Memasak
Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengenalkan sayuran kepada anak-anak Anda. Ajak anak anda berkreasi dengan makanan yang terbuat dari sayuran. Saat masak, ajak mereka untuk mencicipi makan. Setelah itu, mereka akan terbiasa untuk memakan sayuran.

9. Beritahu Mereka Tentang Manfaat Sayuran

Beritahu Mereka Tentang Manfaat Sayuran
Sebagian orang tidak mau melakukan sesuatu karena mereka tidak mengetahui manfaatnya. Begitu juga dengan anak, mereka tidak menyukai sayuran bisa jadi penyebabnya adalah karena mereka belum tahu apa manfaat sayuran bagi kesehatan


Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk mencoba cara-cara diatas? Yuk kita belajar jadi orangtua yang cerdas, yang dapat menyayangi anak tanpa memanjakannya. Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi Anda dan siapapun yang membaca.

Sumber : www.boldsky.com

loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.