Rabu, Juli 01, 2015

Sekilas Tentang Cangkok Jantung

Tags
Jantung adalah salah satu bagian terpenting dalam tubuh kita, tanpa jantung semua organ dalam tubuh tidak akan berfungsi dengan baik karena tidak ada asupan darah, oksigen dan sari makanan yang bisa diedarkan untuk memnuhi kebuthuhan energi dan beberapa nutrisi dalam tubuh. Untuk itulah jantung harus selalu dijaga agar tetap sehat dan bisa memacu darah keseluruh pembuluh darah.

Namun sayang masih banyak korban penyakit jantung yang harus mendapat penanganan yang tepat. Akibat adalanya kelainan dan penyakit yang diderita, seorang penderita harus mau melewati penyembuhan dan proses perawatan untuk mendapat kesembuhan dan mengembalikan fungsi jantung dengan normal. Salah satu cara untuk mengembalikan fungsi jantung dengan normal adalah transplantasi jantung atau lebih dikenal sebagai cangkok jantung. 

Apa itu Cangkok Jantung? Bagaimana tes dan prosedur cangkok jantung
Cangkok Jantung

Definisi Cangkok Jantung

Cangkok jantung adalah salah satu cara untuk mengobati penyakit jantung. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengganti jantung pasien yang sakit dengan jantung dari hasil pendonoran. Dengan begitu hidup seseorang akan mulai berubah, dengan melakukan transplantasi jantung, nyawa hidup seseorang bisa diselamatkan. 

Menurut beberapa ahli medis, tingkat keberhasilan cangkok jantung mencapai 95% dimana tetap ada resiko yang bisa terjadi selama operasi. Bukan hanya dari mahalnya biaya namun juga khusus diperuntukkan kepada mereka yang memang mengalami sakit jantung dalam tingkatan yang kronis.

Cangkok jantung menjadi cara terakhir bila si penderita tidak memiliki jalan lain untuk mendapatkan kesembuhan selain dari cangkok jantung tersbut. Ada beberapa kasus dimana mereka yang mengalami operasi cangkok jantung berhaasil hidup lebih lama bahkan sehat seperti orang pada umumnya. Hanya saja seseorang tersebut harus melakukan check up rutin untuk mendeteksi apa yang tejadi dalam tubuh. Bisa jadi ada beberapa zat baru yang mepengaruhi jantung dan keseimbangan tubuh, karena pada dasarnya cangkok jantung adalah melakukan pemindahan benda lain ke tubuh kita.

Terlepas dari itu semua, kita harus bisa menjaga kesehatan jantung kita sendiri, karena begitu banyak orang yang mungkin tidak seberuntung kita, dimana mereka mengalami penyakit jantung dan bahkan susah untuk disembuhkan. Dengan membaca beberapa informasi diatas, bagi yang menderita penyakit jantung harusnya bisa semakin optimis dan terus berusaha untuk mendapatkan kesembuhan. Jangan pernah putus asa dengan suatu penyakit karena pada dasarnya penyakit ada untuk disembuhkan.

Demikian informasi seputar cangkok jantung, semoga bermanfaat untuk Anda semua, jaga jantung kita untuk kehidupan yang lebih baik.


Advertisement

Baca juga:

loading...