Jumat, Januari 24, 2014

Penyebab dan Gejala Penyakit Diabetes Mellitus

Tags
Diabetes mellitus adalah penyakit yang mempengaruhi gula dalam darah, penyakit ini juga disebut penyakit kencing manis. Penyakit ini terjadi karena pengaruh glukosa didalam darah terlalu tinggi sehingga tubuh tidak mampu menggunakan insulin dengan baik. Penyakit ini biasanya menghampiri orang yang sudah berusia 30 tahun keatas karena pada umur yang sudah relatif tua dengan aktifitas padat sedangkan mengeluarkan energi yang mulai berkurang, sehingga menyebabkan penyakit diabetes mellitus ada pada tubuh anda. Didalam cara kerjanya, makanan akan membuat glukosa didalam darah semakin meninggi dan merasang pankreas untuk bekerja membuat insulin, sedangkan insulin bergerak membuat gula didalam sel darah untuk diubah menjadi energi atau energi cadangan. Namun, jika produksi glukosa terlalu banyak dalam darah maka membuat insulin sulit untuk bekerja lebih baik.

Penyebab Diabetes Mellitus yang Harus Hindari! - www.inkesehatan.blogspot.com


Diabetes mellitus memang merupakan penyakit yang berbahaya karena jika dibiarkan bisa sampai menyebabkan kematian. Namun taukah anda Apa penyebab diabetes mellitus? sepertinya anda harus tahu apa saja yang menyebabkan penyakit ini bisa menyerang. Kurang beraktifitas bukan berarti menjadi penyebab satu – satunya saja. Berikut ini adalah beberapa penyebab datangnya penyakit Diabetes mellitus:

1. Penyebab diabetes ini disebabkan oleh hasil insulin tidak cukup untuk mengkomodasi kadar gula dan sel – sel dalam tubuh tidak merespon insulin. Hal terjadi ini dikarenakan kandungan lemak yang lebih besar dalam tubuh tidak sempurna dikarenakan kurangnya aktifitas gerak setiap harinya.

2. Kurangnya insulin dikarenakan adanya virus atau faktor gizi pada saat anak – anak tidak memadai juga bisa menjadi salah satu penyebab adanya penyakit Diabetes Mellitus ini ada pada tubuh anda. Jadi untuk anda yang saat ini memiliki anak yang masih kecil sebaiknya penuhi gizi anak anda sebaik mungkin untuk hidupnya yang lebih sehat lagi pada waktu yang akan datang.

3. Pengaruh genetik atau keturunan, jika anda memiliki orang tua yang menderita penyakit Diabetes mellitus sebaiknya anda mulai menjaga kesehatan anda segera checkup pada dokter. Jika memang anda sudah terdeteksi Gejala penyakit diabetes mellitus, anda segera pola makan dan hidup anda menjadi lebih sehat lagi. Atur makanan anda, jangan makan sembarangan dan biasakan olahraga dan juga sering checkup ke dokter.

4. Penyakit diabetes mellitus juga bisa disebabkan oleh kelebihan obesitas. Hati – hati untuk anda yang memiliki berat badan lebih, jika anda terkena obesitas anda juga semakin mudah terserang penyakit diabetes mellitus. Kurangi berat badan anda dan mulai hidup sehat dengan makan yang sehat dan olahraga yang teratur.

5. Tingginya kadar Kortikosteroid juga bisa menyebabkan anda terserang penyakit ini.

6. Jika anda hamil anda sebaiknya juga berhati – hati karena biasanya ketika seorang perempuan hamil maka insulin dalam darah akan rendah, rendahnya insulin ini bisa menyebabkan anda terserang penyakit diabetes mellitus. Atur pola makan dan hidup anda yang sehat, bukan sekedar untuk diri anda sendiri melainkan juga untuk bayi dalam perut anda.

7. Jika ada racun dalam tubuh anda bisa saja anda terserang penyakit Diabetes Mellitus karena racun dalam tubuh anda juga mempengaruhi kerja Insulin dalam tubuh anda. Jadi sebaiknya anda lebih berhati – hati dalam menjaga kesehatan anda.

Selain Faktor penyebab diabetes mellitus yang harus anda ketahui, anda juga harus memahami gejala – gejala jika penyakit ini ada pada diri anda, berikut ini adalah Gejala penyakit Diabet Mellitus :

1. Mulai sekarng perikasakan diri anda pada dokter dan check apakah gula darah anda ada pada 160 – 180 mg, karena ini akan membuat urin anda tercampur dengan gula. Tingginya kadar gula dalam diri anda merupakan satu Gejala diabetesmellitus yang sangat jelas. Jika ini sudah terjadi pada anda sebaiknya anda mulai merawat kesehatan anda agar tidak semakin parah.

2. Terjadinya Polidipsia atau haus berlebihan, anda akan merasakan rasa haus yang berlebihan dari biasanaya. Dan anda juga sering merasakan haus berkali – kali, jika anda mulai menyadari dengan gejala ini segera periksakan.

3. Terjadinya penurunan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan memang bsia terserang penyakit ini, namun ketika anda sudah terserang penyakit diabetes mellitus ini berat badan anda kan semakin berkurang. Anda harus benar – benar jeli dengan perubahan pada tubuh anda.

4. Selain tiga gejala diatas anda juga akan merasakan mual, pusing dan juga pengelihatan yang kabur jika penyakit ini sudah mulai ada pada diri anda.


Anda bisa mencegah penyakit ini datang pada diri anda dengan cara yang sangat mudah yaitu jaga kesahatan anda, seringlah melakuakn aktifitas yang mengeluarkan keringat dan jaga pola makan anda. Jika anda mampu untuk hidup sehat, penyakit apapun tidak akan ada dihidup anda. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat untuk anda.


*Jika anda punya tips untuk menyembuhkan penyakit diabetes mellitus lainnya, silahkan share di kotak komentar, insyaalloh bermanfaat bagi siapapun yang membaca...! 
Advertisement

Baca juga:

loading...