Kamis, Januari 16, 2014

Penyebab Radang Tenggorokan dan Sariawan

loading...
Penyebab radang tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa hal, dan salah satu hal yang paling sering terjadi karena adanya virus pada tenggorokan. Radang tenggorokan dapat terjadi pada bayi, balita hingga dewasa. Namun anda tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan referensi pada anda apa saja penyebab radang tenggorokan dan bagaimana cara mengatasinya. Simak dan temukan jawabannya. Kami akan mengulas tentang beberapa fase penyebab radang tenggorokan dari fase subkronik hingga penyebab radang tenggorokan kronis. 

Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya - www.inkesehatan.blogspot.com


Radang tenggorokan terbagi menjadi 3 fase, dan berikut adalah referensinya :

#Fase akut

Fase akut terjadi kurang dari dua minggu setelah terjadinya radang tenggorokan.  Pada fase ini akan ada beberapa hal yang terjadi seperti cairan pada tenggorokan dominan berwarna bening dan penyebabutamanya dikarenakan oleh virus. Dan pada satu hingga dua hari rasa yang ditimbulkan dari radang akan terasa semakin berat. Jika anda mencoba untuk mengontrol bagian tenggorokan anda dengan menggunkan alat penerang atau senter khusus, anda akan melihat warna kemerahan pada tenggorokan anda, dan terdapat benjolan kemerahan. Gejala ini akan menimbulkan efek pada tubuh anda seperti demam, nyeri tenggorokan, rasa sakit saat menelan dan mengalami pembesaran getah bening pada bagian leher.

#Fase subkronik

Fase ini terjadi dari 2 minggu hingga 3 bulan. Pada tingkatan ini akan timbul bercak-bercak pada bagian tenggorokan anda disertai timbulnya warna merah muda. Akan ada cairan yang di keluarkan dari tenggorokan berwarna keruh dan tenggorokan anda akan terlihat membengkak. Fase terakhir untukradang tenggorokan adalah Fase Kronik.

#Fase kronik

Fase kronik ini terjadi lebih dari 3 bulan semenjak anda menderita radang tenggorokan. Pada fase ini justru anda tidak akan merasakan sakit seperti yang anda alami pada fase sebelumnya. Seperti mersakan rasa sakit saat menelan, karena gejalanya lebih ringan. Gejala pada umumnya anda akan merasa gatal pada tenggorakan, tenggorokan kering dan ada lendir yang sulit untuk dikeluarkan. Selain itu penderita radang tenggorokan akan lebih sering batuk dan merasa ada yang mengganjal pada bagian tenggorokan. Feringitis kronis dapat ditemukan sebagai kelainan pada faring, sebagai dampak dari adanya infeksi saluran nafas atas dan lainnya.

Seperti yang saya paparkan pada paragraf awal, radang tenggorokan juga dapat terjadi pada anak-anak dan apa sajakah penyebab radang tenggorokan pada anak?
Pada dasarnya radang tenggorokan 30 hingga 50% disebabkan oleh infeksi virus dan sisa presentase juga dapat disebakan oleh bakteri dan alergi. Selain itu ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya radang tenggorokan sebagai berikut :
  • Penggunaan kostikosteroid inhalasi pada penderita asma
  • Seringnya bernafas dengan menggunakan mulut ketika hidung sedang tersumbat
  • Polusi udara yang disebabkan oleh debu, asap rokok, dan berada didaerah industri
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung asupan yang dapat merangsang terjadinya radang tenggorokan misalnya; makanan pedas, beralkohol, berminyak, asam dan dingin
  • Terjadinya asam lambung yang naik pada tenggorokan
  • Rhinitis dan sinusitis


Nah, untuk menjaga agar buah hati anda terhindar dari radang tenggorokan alangkah baiknya jika bunda dapat memperhatikan pola konsumsi buah hati. Seperti menjauhkan buah hati dari makanan pedas dan minuman dingin.

Penyebab radang tenggorokan pada bayi juga dapat timbul karena virus maupun bakteri namun cara mengatasi radang tenggorokan pada bayi berbeda dengan pengobatan pada anak, maupun orang dewasa. Biasanya radang pada bayi bisa terjadi selama 3-4 hari. Dan jika buah hati anda mengalami radang berikut cara mengatasinya.
  1. Berikan banyak cairan dan tetaplah memberikan ASI
  2. Bila buah hati anda mengalami demam tinggi berikan paracetamol
  3. Bila demam terjadi hingga 5 hari, akan terlihat ada ruam pada bagian dada, perut dan tangan.


Untuk menjelaskan lebih rinci kami akan memberikan kesimpulan penyebab radang tenggorokan dan pengobatannya. Seperti yang telah kami jelaskan bahwa radang tenggorokan dapat terjadi karena adanya virus dan bakteri pada bagian tenggorokan. Dan untuk mengatasinya kami akan memberikan resep tradisonal yang dapat anda gunakan untuk anak-anak hingga usia dewasa.

#Jus buah belimbing

buah belimbing memiliki khasiat anti radang yang dapat membantu anda untuk meredakan radang pada tenggorokan anda. Caranya cukup mudah, ambil 100 gram belimbing manis kemudian blender hingga halus, dan anda dapat segera meminumnya.



#Konsumsi bawang putih

Bawang putih memilki senyawa allicin yang dapat berfungsi untuk membunuh bakteri. Caranya cukup mudah kunyah bawang putih hingga mengeluarkan senyawa allicin dan radang tenggorokan anda akan segera terobati.




#Konsumsi jus lemon tanpa gula

Ambil 2 sendok makan dari perasan lemon ½ lemon kedalam segelas air hangat, minumnlah selama 2-3 kali dalam sehari. Konsumsi 30 menit sebelum anda makan. Nah, bagi anda yang sedang mengalami radang tenggorokan segera lakukan tips yang telah kami berkan, dan radang tenggorokan anda akan segera membaik.






Ingin tahu bagaiamana cara mengobati penyakit radang tenggorokan yang lebih ampuh? silahkan baca artikel Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami. Dalam artikel tersebut saya sudah menerangkan beberapa cara ampuh untuk mengobari radang tenggorokan. Tapi ingat, agar anda tidak mudah terkena penyakit tersebut, lebih baik anda hindari beberapa penyebab radang tenggorokan yang sudah saya sebutkan diatas.


*Punya tips lain untuk mengobati radang tenggorokan? silahkan bagikan di kotak komentar...!


loading...