Rabu, Oktober 16, 2013

Penyebab dan Cara Mengobati Batuk Secara Alami dengan Ramuan Herbal

Tags

Obat herbal untuk mengobati batuk - Menurut info kesehatan yang saya baca di situs pengetahuan wikipedia.com, ternyata batuk bukanlah merupakan suatu penyakit melainkan mekanisme pertahanan tubuh atau cara tubuh menjaga dan melindungi bagian saluran pernapasan. 

Selain itu batuk merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh saat terjadi iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan lain sebagainya. Ingin tahu bagaimana cara mengatasi batuk? yuk kita lanjut baca!


Obat Herbal untuk Mengatasi Batuk


Batuk bisa terjadi karena adanya rangsangan tertentu, seperti adanya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkannya melalui syaraf ke pusat batuk yang berada di bagian otak. Selanjtnya reseptor batuk akan memberi sinyal kepada otot-otot dalam tubuh untuk mengeluarkan benda asing tersebut, melalui suatu proses yang dinamakan dengan batuk.

Jenis-jenis Batuk

Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis, dan kedua jenis batuk tersebut dibedakan berdasarkan waktu. Sehingga kita dapat mengetahui jenis batuk yang kita alami dari seberapa lama kita mengalami batuk.
  1. Batuk Akut
    Batuk Akut adalah batuk yang terjadi dan berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau batuk kronis berulang.

  2. Batuk Kronis
    Batuk kronis berulang yang sering menyerang anak-anak adalah karena asma, tuberkolosis (TB), dan pertusis (batuk rejan/batuk 100 hari). Pertusis adalah batuk kronis yang disebabkan oleh kuman Bordetella pertussis. Pertussis dapat dicegah dengan imunisasi DPT.FM JB

Penyebab Batuk

Sebelum kita mencar tahu bagaimana cara menyembuhkan batuk, terlebih dahulu kita harus mengetahui hal apa sajakah yang dapat memicu terjadinya batuk. Batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal yang diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu.
  2. Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA).
  3. Alergi
  4. Asma atau tuberculosis
  5. Benda asing yang masuk kedalam saluran napas
  6. Tersedak akibat minum susu
  7. Menghirup asap rokok dari orang sekitar
  8. Batuk Psikogenik. Batuk ini banyak diakibatkan karena masalah emosi dan psikologis.
(wikipedia.com)

Tips Mengatasi Batuk

Ada beberpa cara yang dapat kita lakukan saat batuk menyerang diantaranya adalah dengan melakukan tips-tips mengatasi batuk berikut ini :

  1. Pakailah Jaket
    Pakailah jaket saat anda keluar rumah terutama saat cuaca sedang dingin, tujuannya batuk berkurang dan agar tubuh tetap hangat. Sobat inner juga bisa mandi dengan air hangat, makanan-makanan yang hangat, minum minuman yang hangat, pokonya yang hangat-hangat hehe.

  2. Gunakan Minyak Kayu Putih
    Agar tubuh tetap hangat sobat inner juga bisa memakai minyak kayu putih untuk dibalukan di bagian dada, leher dan hidung.

  3. Kurangi Makanan Yang Manis
    Saat anda batuk, anda juga dapat mengurangi makanan/minuman yang manis seper gula, karena makanan atau minuman yang manis-manis dipercaya dapat memicu terjadinya batuk

  4. Pakailah Masker Ketika Berkendara
    Memakai masker saat berkendara dapat mengurangi resiko gangguan pada saluran pernafasan yang diakibatkan oleh polusi udara.

  5. Perbanyak Minum Air Putih
    Cara yang terakhir ini merupakan cara yang sederhana yaitu hanya dengan minum air putih. Mengapa harus memperanyak minum air putih? Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa air putih memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh kita termasuk menjaga kebersihan tenggorokan.

Ramuan Herbal untuk Mengobati Batuk

1. Campuran Kecap dan Jeruk Nipis
Untuk menyembuhkan batuk dengan campuran kecap dan jeruk nipis, caranya sangat mudah, kita dapat melakukan langkah-langkah berikut ini :

a. Bahan-bahan : 

  • 1 atau 2 Buah Jeruk Nipis
  • 1 Sachet Kecap

b. Cara-cara penggunaan : 

  • Belah jeruk nipis tadi menjadi 2 bagian, selanjutnya peras lah jeruk nipis tersebut kedalam gelas. Stelah itu campurkan dengan kecap. Kemudian anda minum campuran kecap dan jeruk nipis tersebut 2 -3 kali / hari sampai batuk anda benar-benar reda.


2. Gula, Sirih, dan Kencur
Jika dengan menggunakan campuran kecap dan jeruk nipis kurang ampuh, anda bisa mencoba membuat Obat Herbal penyembuh batuk berikut ini. Caranya juga mudah, anda tinggal melakukan langkah-langkah berikut ini :

a. Bahan-bahan

  • Gula batu secukupnya
  • 7 Lembar daun sirih
  • 30 gram kencur

b. Cara penggunaan: 

  • Pertama adana iris daun kencur dan campurkan dengan daun sirih, setelah itu anda rebus dengan air -+ 600cc, dan tunggu hingga air tersisa 300cc. Kemudian anda saring air rebusan daun kencur dan daun sirih tersebut dan campurkan dengan gula batu tadi. Selanjutnya anda minum ramuan herbal ini 2 kali sehari sampai batuk anda benar-benar sembuh


Batuk juga bisa dikelompokan menjadi dua yaitu batuk berdahak dan batuk tidak berdahak, ingin tahu info tentang jenis-jensi batuk beserta penyembuhannya? Simak dalam artikel selanjutnya tentang "cara menyembuhkan batuk kering dan berdahak". 

Demikianlah info tentang Penyebab dan Cara Mengobati Batuk Secara Alami dengan Ramuan Herbal, mudah-mudahan info kesehatan ini dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang membutuhkan. Terimakasi

loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.