Rabu, Juli 23, 2014

Menstruasi Pada Wanita dan Gejalanya

Menstruasi Pada Wanita - Menstruasi adalah keluarnya darah dari dalam vagina sedikit demi sedikit selama sebulan sekali. Mungkin hal ini cukup mengerikan kalau kita tidak mengerti. Namun dengan terjadinya menstruasi itu menandakan bahwa kondisi rahim kita baik dan normal.

Menstruasi sangat erat hubungannya dengan bayi. Setiap bulan didalam rahim perempuan terbentuk lapisan pembuluh darah yang tebal namu halus, agar bayi dapat hidup didalam rahim. Terus bagaimana kalau tidak dibuahi atau tidak jadi hamil? ketika sel telur tidak dibuahi maka mereka akan meluruh dan keluar melalui vagina.
Ajarkan Sejak Dini mengenai Organ Reproduksi
Menstruasi

Proses Menstruasi

Pada umumnya proses menstruasi terjadi setelah 28 hari dari menstruasi sebelumnya. Tetapi tidak semua wanita mempunyai waktu menstruasi yang sama, ada yang 21 hari atau bahkan ada yang lebih dari 31
Siklus Menstruasi. Menstruasi terjadi sekitar 5 hari namun ada juga yang 2 sampai dengan 15 hari. Apabila masa menstruasi melebihi 15 hari maka itu sudah termasuk kedalam darah penyakit dan anda harus segera memeriksakannya pada dokter. Darah yang keluar perharinya berkisar 35 ml atau diantara 15 sampai 80 ml.

Siklus Menstruasi

Tahapan Fase Masa Menstruasi
Siklus Menstruasi
Dalam siklus menstruasi terdapat 4 tahapan antara lain

1. Fase Menstruasi

Dalam Fase ini dinding uterus yang menebal akan meluruh menjadi darah menstruasi dan keluar melaui vagina. Fase Menstruasi terjadi selama beberapa hari dan membuat dinding uterus menjadi tipis seperti semula.

2. Fase Pra-Ovulasi

Fase ini terjadi sekitar hari ke 7 sampai hari ke 14. Dalam fase ini Ovum dan Ovarium kembali terbentuk dan terjadi pematangan. Hal ini terjadi akibat banyaknya kadar estrogen yang meningkat dalam tubuh.

3. Fase Ovulasi

Fase ovulasi biasa juga disebut dengan Masa Subur Wanita. pada fase ini ovum atau ovarium sudah matang dan dangat siap untuk dbuahi sehingga apa bila anda melakukan hubungan intim di fase ini anda berkemungkinan untuk hamil.Biasanya fase ini terjadi sekitar 14 hari sebelum haid yang selanjutnya datang lagi.

4. Fase Pasca-Ovulasi

Fase ini fase dimana dinding rahin sudah mulai menebal dan siap untuk menjadi tempat embrio tumbuh. Namun apabila tidak terjadi pembuahan atau fertilisasi maka dinding rahim akan kembali meluruh ke atap awal lagi.

Siklus menstruasi diatas akan berulang secara terus menerus apabila tidak terjadi pembuahan. Proses ini terjadi bergantung pada hormon seseorang. Jadi tidak semua wanita mengalami hal yang sama. dari sinilah timbul banyak masalah pada Menstruasi.

Tanda - Tanda Menstruasi

  • Badan kurang fit, terasa nyeri dan pegal
  • Payudara membengkak atau terasa linu
  • Demam
  • Timbulnya jerawat pada wajah
  • Emosi Meningkat dalam artiya cepat marah dll
  • Terjadinya radang pada vagina
  • Suara menjadi kurang enak didengar
  • Bahkan sebagian orang mengalami ngidam atau ingin memkan sesuatu secara tiba - tiba seperti orang yang sedang hamil.

Perawatan Ketika Menstruasi

Alangkah baiknya ketika menstruasi datang kita harus merawat kebersihan dan kesehatan agar tidak terasa nyeri atau mengurangi timbulnya pada saat haid. Dibawah ini ada beberapa cara perawatan ketika menstruasi:

  • Pilihlan pembalut yang tidak mengandung zat berbahaya, karena untuk saat ini kita harus pintar - pintar memilih pembalut. Ada beberapa produsen yang dengan sengaja ataupun tanpa disengaja telah memasukan zat berbahaya pada pembalut. Untuk mengetahui cara memilih pembalut saat ini sudah banya di google atau bahkan diyoutube.
  • Gantilah pembalut tiap beberapa jam sekali minimal 3 kali sehari. karena apa billa pembalut tidak diganti atau kita menunggu mengantinya hanya pada saat sudah penuh bakteri akan berkembang biak dan berbahaya bagi organ reproduksi kita.
  • Minumlah banyak air dan banyak vitamin karena pada saat menstruasi tubuh kita cenderung menjadi lemas tak berdaya.
  • Lakukanlah peregangan atau olah raga ringan. Kata siapa olah raga membuat haid menjadi tambah nyeri? justru hal tersebut mampu memperlancar haid.
Berilah pengetahuan sejak dini mengenai menstruasi ini khususnya mengenai organ reproduksi agar anak paham dan tau serta mampu mencegah sejak dini segala penyakit yang akan ditimbulkan. Jagalah kesehatan tubuh dan hindari beberapa hal yang mampu mempersulit menstruasi. Jika anda mengalami haid lebih dari 15 hari disertai keluarnya darah yang banyak segeralah pergi kedokter karena hal ini sangat rentan pada kemandulan.

Cukup sekian pembahasan saya mengenai Gejala Menstruasi dan Siklusnya. Tetap jaga organ intim anda untuk masa depan anda. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Jika anda sering mengalami nyeri ketika sedang haid atau menstruasi cobalah Tips Atasi Nyeri Menstruasi Secara Alami. Terimakasih telah berkunjung. 

Sumber : Wikipedia

loading...