Senin, Agustus 11, 2014

Inilah Akibatnya Jika Terlalu banyak Memakan Mie Instan!

loading...
Mie adalah Makanan cepat saji atau fast food yang bisa kita makan kapanpun karena sudah dimasak terlebih dahulu dan sudah ada bumbu serta minyaknya, Kita hanya perlu menambahkan air panas dan selesai tinggal makan. Sebenarnya mie pertama kali dikenal di jepang yang biasa disebut ramen. Mie datang ke indonesia sekitar tahun 1968.

Dulunya produk mie ini tidak seterkenal sekarang namun karena banyaknya inovasi sehingga mie menjadi sangat diminati diindonesia. Apalagi saat ini, anak - anak zaman bahkan lebih suka makan mie dibanding dengan makan nasi, jagung, dll. Mie emang sangat bagus karena cepat saji namun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Sekarang kita lihat, sebenarnya apa saja sih kandungan dalam mie instan itu? kenapa bisa berbahaya bagi kesehatan?.

Mie Instan

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan
Mie Instan

Kandungan dalam Mie Instan yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Terus Menerus

  • Mie dibuat dari berbagai macam bahan yang mengandung zat aditif seperti Natrium Polifosfat (yang biasa dipakai untuk mengemulsi atau sebagai penyeimbang ketika membuat mie)
  • Natarium Karbonat dan Kalium Karbonat yang biasa dipakai untuk menyeimbangkan keasaman atau yang mengatur asam
  • Tartazine atau zat pewarna makanan yang berfungsi membuat mie memiliki warna kuning yang bagus
  • Mengandung zat aditif makanan seperti Monosium Glutamat atau biasa kita singkat menjadi MSG dipakai sebagai bahan penguat rasa pada mie
Mie sebenarnya tidak berbahaya kalau kita tidak mengkonsumsinya secara belebihan. Tapi bagi orang yang terlanjut ketergantungan pada mie akan sulit sekali. dan jika dibiarkan begitu terus - menerus akan membahayakan kesehatanan.

Beberapa Penyakit Bahaya Akibat Terlalu banyak Memakan Mie Instan


1. Kanker

Jika mie terus menerus dikonsumsi secara berlebihan kita akan beresiko terkena penyakit kanker, entah itu kanker hati, kanker usus dll. Apalagi sekarang banyak sekali oknum pedagang nakal yang memasukan campuran mie dengan lilin agar mie tidak menempel satusama lain.

2. Usus Bocor

Saya sendiri pernah mengalaminya, Ketika perut terasa sangat sakit dokter mengatakan saya terlalu banyak memakan mie dan mengakibatkan dinding usus menjadi tipis. Katanya kalau mie terus dikonsumsi usus saya akan bocor dan itu sangat berbahaya sekali. Karena akan sulit dalam mencerna makanan.

3. Gangguan Syaraf Otak

Mie dapat mengakibatkan jaringan otak terganggu karena mie jika terus dikinsumsi akan mengandung bahan yang berbaha bagi tubuh dan akan terbawa ke otak sehingga terjadi penurunan fungsi otak. Jika dibiarkan mungkin saja anda akan terkena penyakit stroke.

Sebenarnya masih banyak lagi penyakit yang ditimbulkan dan yang paling sering terjadi adalah gangguan pencernaan. Nah sebenarnya kita bisa mensiasatinya agar bisa mengurangi zat berbahaya pada mie. 

Tips Sehat Memasak Mie Instan
Cara Memasak Mie Instan yang Benar

Cara Memasak Mie yang Benar

  1. Pertama didihkan terlebih dahulu air hingga matang terus masukan mie instan
  2. Kalau Mie sudah terlihat matang segera tiriskan dan buang air mie nya diamkan dulu beberapa saat
  3. Setelah mie matang dan agak dingin didihkan lagi air yang baru untuk menambah kuah pada mie.
  4. Kalau Mie Goreng Usahakan cuci sekali dengan air hangat jangan langsung dikonsumsi.
  5. Nah setelah itu baru beri bumbu
  6. Dan mie siap untuk dimakan

Hal - hal yang Harus Dihindari Ketika Memasak Mie

  1. Jangan memasukan kuah dari sisa rebusan mie karena bisa saja mengandung zat lilin
  2. Jangan Langsung memasak mie dengan bumbunya
  3. Usahakan untuk memakan mie maksimal seminggu sekali jangan  terlalu sering (berdasarkan saran dokter)
  4. Hindari memakan yang dingin atau bersoda setelah memakan mie.
  5. Lebih baik memakan nasi dari pada memakan mie
Memang ribet sih cara memasaknya, dan orang -orang biasanya mengabaikan cara ini karena malas. Namun cara ini adalah cara yang sehat. Ingat mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari. Untuk menunjang konsumsi diatas cobala meminum obat - obatan herbal yang alami. Atau anda juga biasa memakan makanan yang mengandung zat anti kanker.

Nah itulah bahaya makan mie, jangan terlalu sering mengkonsumsi mie karena berbahaya. Ingat bukan saya menakut - nakuti ataupun melarang memakan mie. Namun saya hanya menyarankan untuk menjaga kesehatan kita semua. Bagitulah Artikel mengenai Bahaya Memakan Mie instan dan Cara Mengatasinya. Terimakasih telah berkunjung. Jangan Lupa untuk Like dan share artikel ini ya untuk memberi tahu orang lalin.

Baca Juga Artikel Lainnya.

loading...